Tulisan Anakku

Saya akan mencoba menganalisa kemampuan menulis anak saya. Pengalaman saya menunjukkan bahwa menulis adalah hal yang tidak mudah. Mungkinkan kegiatan menulis itu menjadi suatu hal yang mudah bagi sang anak? Apa yang dapat kita lakukan selaku guru atau orang tua untuk mendorong mereka terbiasa menulis?

My Photo
Name:
Location: Parktown, Johannesburg, South Africa

I am a lecturer at Mathematics Department in UNESA. I graduated from the University of Queensland, doing research about using the Internet for teacher professional development and for mathematics teaching. Now, I am doing my posrdoctoral program at University of the Witwatersrand South Africa. I love teachers and I love teaching. I am very keen to work closely with many teachers and I hope very much to do invaluable things for teachers. Through this website, I will share ideas in two languages: English or Indonesia

Sunday, April 23, 2006

Matematika anak (Bagian 3)

Saya juga pernah mengajarkan penjumlahan dengan cara bersusun untuk memudahkan dia mengerjakan penghitungan bilangan besar. Misalnya untuk 243 + 531. cara ini sangat disenanginya juga. Dia sering menggunakan metode ini tanpa kertas atau pensil. Dia hanya membayangkan susunan angka-angka tersebut. Seperti yang dia katakan “I put those numbers in here” sambil nunjuk kepalanya. Jadi katanya dia letakkan bilangan-bilangan itu dalam kepalanya, tentu secara bersusun maksudnya.
Hal ini harus kita garis bawahi. Mengapa, karena apa yang dipraktekkan Fika adalah contoh berfikir matematika. Contoh dimana Fika mengerjakan suatu hal yang abstrak. Kita semua tahu bukan bahwa matematika adalah barang abstrak. Kita tidak pernag akan bisa membeli bujursangkat, atau limas, atau bilangan di pasar manapun di seluruh dunia. Barangnya itu hanya ada dalam otak. Jika berfikir matematika dilatihkan sejak kecil pada anak-anak kita, maka dia akan punya modal kemampuan memecahkan masalah-masalah rumit sekalipun.

Saya menemukan bahwa penjumlahan seperti ini sudah mudah bagi dia, maka saya tingkatkan lagi penjumlahan yang memerlukan teknik menyimpan. Tapi metode ‘menyimpan’ tidak saya perkenalkan. Lalu bagaimana cara saya membantunya? Baca pada posting berikutnya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home