Tulisan Anakku

Saya akan mencoba menganalisa kemampuan menulis anak saya. Pengalaman saya menunjukkan bahwa menulis adalah hal yang tidak mudah. Mungkinkan kegiatan menulis itu menjadi suatu hal yang mudah bagi sang anak? Apa yang dapat kita lakukan selaku guru atau orang tua untuk mendorong mereka terbiasa menulis?

My Photo
Name:
Location: Parktown, Johannesburg, South Africa

I am a lecturer at Mathematics Department in UNESA. I graduated from the University of Queensland, doing research about using the Internet for teacher professional development and for mathematics teaching. Now, I am doing my posrdoctoral program at University of the Witwatersrand South Africa. I love teachers and I love teaching. I am very keen to work closely with many teachers and I hope very much to do invaluable things for teachers. Through this website, I will share ideas in two languages: English or Indonesia

Sunday, April 23, 2006

Matematika (Part 2)

Suatu hari saya pancing main teka-teki. Misalnya saya bercerita 'saya adalah sebuah bilangan. Jika saya ditambahkan dengan 8 maka saya akan menjadi 15. Maka siapakah saya?' atau ‘saya adalah bilangan, kalau saya dilipatduakalikan hasilnya adalah 4’ atau hasilnya adalah 40, atau 400’. Teryata dia bisa jawab padahal tidak pernah dijelaskan sebelumnya. Soal semacam ini sudah terkait dengan konsep penjumlahan atau pengurangan, bahkan masalah dilipatduakalikan berkaitan dengan konsep perkalian dan pembagian. Fika belajar math tanpa harus pegang buku, tanpa harus ngajak dia duduk di meja belajar karena kegiatan bermain ini dilakukan sambil berbaring dan bermain di tempat tidur.
Kadang-kadang saya juga berikan soal terbuka secara tertulis, penjumlahan dua bilangan yang tidak diketahu tetapi hasil penjumlahannya diberikan. Hal ini pun disenanginya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home