Matematika anak (Bagian 1)
Saya berikan soal yang mudah lalu saya tingkatkan ke yang lebih rumit. Misalnya 2+ 2, 5 + 5, 20 + 20, 400 + 400, 3 juta + 3 juta, 130 + 30, 250 + 50. Nama-nama bilangan besar saya kenalkan dengan cara bermain dan saat ini kalau saya mendikte bilangan ratusan dia sudah bisa menuliskannya. Dia jadi bangga karena dapat menjawab pertanyaan dengan bilangan besar meskipun dia belum tahu menuliskan angka ribuan atau jutaan. Kegiatan ini adalah ‘mental math’. Hal yang menarik bagi saya adalah cara gampang untuk membangunkan Fika pada pagi hari adalah dengan mengajukan pertanyaan semacam itu. Saya namai ‘brain activation’, atau mengaktifkan otaknya. Setelah dia menjawab sejumlah pertanyaan yang tingkat kesulitannya ditingkatkan sedikit demi sedikit, maka matanya jadi segar dan barulah dia bangkit dari tempat tidur.
Ternyata dia sangat tertarik dengan penjumlahan angka-angka besar misalnya penjumlahan dengan angka ratusan, ribuan, juta, miliar, dll. Hal negatif dari cara saya adalah, dia selalu mengeluh dengan gurunya di kelas 2 yang selalu memberikan soal-soal matematika yang sederhana buatnya. Dia bilang bosan.
0 Comments:
Post a Comment
<< Home