Tulisan Anakku

Saya akan mencoba menganalisa kemampuan menulis anak saya. Pengalaman saya menunjukkan bahwa menulis adalah hal yang tidak mudah. Mungkinkan kegiatan menulis itu menjadi suatu hal yang mudah bagi sang anak? Apa yang dapat kita lakukan selaku guru atau orang tua untuk mendorong mereka terbiasa menulis?

My Photo
Name:
Location: Parktown, Johannesburg, South Africa

I am a lecturer at Mathematics Department in UNESA. I graduated from the University of Queensland, doing research about using the Internet for teacher professional development and for mathematics teaching. Now, I am doing my posrdoctoral program at University of the Witwatersrand South Africa. I love teachers and I love teaching. I am very keen to work closely with many teachers and I hope very much to do invaluable things for teachers. Through this website, I will share ideas in two languages: English or Indonesia

Thursday, April 20, 2006

Nonton Movie (Tulisan Bag. 11)

Peranan pengalaman dalam menulis sangat besar. Menurit saya, ada baiknya meminta anak untuk segera menuliskan pengalamannya segera. Mumpung masih segar di ingatan mereka. Sama saja dengan kita orang dewasa, jauh lebih mudah menuliskan sesuatu kalau masih segar di kepala.

Hal yang sering juga saya lakukan pada Fika, sebelum berangkat ke suatu tempat yang menarik bagi mereka, saya menyampaikan harapan saya supaya anak saya mau nulis sepulang dari sana. Dia senang apalagi anak tetangga juga ikut dengan kegiatan menulis ini. Mereka jadi tertarik karena mereka bermain. Apalagi kalau mereka juga mendekorasi tulisannya.

Saya senantiasa berfikir cara bermain yang melibatkan mereka bermain.

Problem yang biasa menjadi beban pikiran saya adalah fakta-fakta di kampung saya yang sangat memberi beban pelajaran yg banyak pada anak. Sebagai contoh, anak TK pun diberi les matematika.
Untunglah anak saya ikut ke sini, di kelas 2 pun masih banyak permainan di dalam kelas, apalagi di kelas 1. Fika selalu berwajah senang kalau mau ke sekolah karena katanya 'Lots of fun' Posted by Picasa

0 Comments:

Post a Comment

<< Home